Monday, May 27, 2013

[Resensi Novel Romance] Macaroon Love by Winda Krisnadefa + Giveaway


Menjadi berbeda itu anugerah...


Pengarang: Winda Krisnadefa
Penyunting: Rini Nurul Badariah
Proofreader: Dina Savitri
Pewajah sampul: Muhammad Usman
Penerbit: Qanita – PT Mizan Pustaka
Tebal: 264 hlm
Harga: Rp49.000
ISBN: 978-602-9225-83-9

Untuk kali kedua, saya diminta Penerbit Mizan untuk menjadi MC sekaligus memoderatori talk show dan peluncuran novel romance dari lini Qanita. Pada kesempatan pertama, tiga novel juara utama yang dirilis, kali ini salah satu novel unggulan yang masuk 10 besar Lomba Qanita Romance 2012/2013 yang diluncurkan. Novel bertajuk Macaroon Love karya Winda Krisnadefa. Dari dua kali kesempatan ini, saya makin terpikat untuk terus membaca dan menikmati novel-novel dari Qanita Romance ini. Semoga ke depan, semakin banyak novel romance berkualitas yang dihadirkan oleh Qanita.

Macaroon Love menjadi salah satu novel yang paling cepat saya baca. Well, awalnya tentu saja termotivasi harus segera menuntaskan baca karena buku ini baru saya dapatkan satu hari (sudah menjelang malam pula) sebelum acara launching-nya, sehingga saya perlu bergegas. Namun, begitu saya membuka lembaran-lembaran halamannya, saya tak bisa menghentikannya. Tanpa bisa saya tahan, mata terus merunuti setiap adegan yang diracik secara apik oleh mbak Winda. Jujur saja, satu bab pertama memang agak sedikit ‘sulit’ buat saya. Entahlah, saya lagi-lagi terjebak kebosanan membaca deskripsi yang terlalu banyak itu. Hal itu masih berlanjut ke bab kedua. Bahkan, saya mulai panik akan gagal menyukai novel ini ketika penulis terus menerus memberikan kalimat penegasan akan karakter utamanya. Saya sampai berdecak kesal dan mendengus, “Mbak, gue udah tau kok Magali ini aneh, tapi ya gak perlu lah tiap berapa paragraf sekali, terus-terusan ada kata ‘aneh’ disebut-sebut terus.”

Syukurlah, saya patut berbangga pada diri sendiri, bahwasanya saya merasa saya adalah pembaca setia yang meskipun dilanda kejenuhan tetap berhasil memaksa diri membaca hingga tuntas. Prinsip, I won’t judge a book before I read it completely, mampu menahan saya untuk meletakkan buku ini dan membaca yang lain. Benar saja, setelah melewati masa pengenalan karakter para tokohnya, saya mulai terhanyut dan larut dalam kisah cinta manis berlatar dunia kuliner ini. Ahhh, Magali-lah yang menahan saya untuk terus dan terus dan terus membacanya hingga akhir.

Magali. Berkali-kali saya berdecak kagum pada mbak Winda yang berhasil membangun karakter tokoh utama perempuan ini dengan begitu kuatnya. Saya sampai menyiapkan beberapa pertanyaan seputar ini untuk diajukan kepada mbak Winda ketika talk show. Dan, jawaban mbak Winda tentang betapa beliau berusaha keras menghayati karakter ini dengan melakukan pengamatan langsung pada beberapa temannya yang memiliki representasi yang pas akan tokoh Magali ditambah background-nya sebagai food writer yang terjebak dilema (yang juga hasil riset pada teman-temannya) berhasil menghadirkan Magali dengan begitu kuatnya. Jempol dua saya acungkan pada mbak Winda. Magali buat saya ya, mbak? Hehehe.

penampakan kue macaroon. gambar dari sini: theresnoplacelikeoz.com
Berkebalikan dengan beberapa teman yang menyukai tokoh Beau (dan beberapa tokoh cowok di sini) saya malah merasa tokoh-tokoh cowok di sini kebanting sama Magali. Saya merasa Magali malah lebih ‘maskulin’ ketimbang Beau atau Ammar. Entahlah, apakah ini perasaan saya saja atau bagaimana, tapi cowok-cowok di Macaroon Love ini terkesan cerewet, wkwkwk. Tapiiii...saya pun merasai (dan mengakui) bahwa karakter mereka tak kalah kuatnya dengan Magali. Warna novel ini menjadi bersemburat menarik dengan hadirnya tokoh-tokoh itu. Hanya saja, di mata saya, Magali terlalu ‘bersinar’ di novel ini sehingga saya gagal mengalihkan pandangan dari sosoknya, bahkan untuk sekadar mengerling tokoh yang lain. Hahaha, parah nih.

Dari segi plot. Well, saya tak bisa bilang ini hal baru. Saya pernah baca novel romance bertema sama, dengan plot yang hampir sama pula berjudul No Dinner Date karya Intan Lui B. Dalam novel itu, sang tokoh utamanya (yang juga perempuan) sama-sama memiliki profesi sebagai food writer. Bedanya di novel No Dinner Date, tokoh utamanya menjadi wartawan tetap kalau tak salah, sedangkan Magali masih freelancer di Macaroon Love. Hal lain yang hampir mirip adalah letupan romance hadir di sela-sela si tokoh utama mengerjakan tugasnya. Tapiii, untungnya (bagi saya) dua novel ini sama bagusnya. Saya tak berniat membandingkan terlampau jauh, tapi buat siapa pun yang menyukai tema seperti ini tak ada salahnya jika ingin membaca yang karya Intan Lui B. itu juga. 


Hal lain yang sempat membuat saya kurang sreg adalah latar belakang kehidupan para tokohnya yang agak gloomy dan berpotensi banjir air mata bak adegan sinetron. Dan, sekali lagi, semakin jauh membaca saya semakin paham mengapa background-nya dibuat demikian. Saya justru merasa aneh ketika satu lagi kejadian suram yang dialami para tokohnya yang membawa konflik pada puncaknya kok malah agak datar dan kurang gelap. Hahaha, dasar ababil saya ini!

Secara keseluruhan saya menyukai novel ini. Hmmm, ending-nya manis meski terkesan ‘agak’ dipaksakan, tapi saya merasa cukup puas dengan bagaimana mbak Winda mengakhiri kisah ini. Begitu pun dengan segala sesuatunya tentang novel ini. Terutama untuk perjuangan mbak Winda dalam melakukan riset ketika menyelesaikan buku ini, termasuk dengan berkomunikasi langsung dengan pemilik restoran Suguhan Magali yang sesungguhnya. Yap, restoran tersebut memang benar-benar ada di Jakarta ini, tepatnya di Jalan Fatmawati. Begitu pun pada tokoh yang lain, Magali, Jodhi, dan Nene juga adalah hasil pengamatan mbak Winda pada beberapa teman dan kenalannya. Salute to the max deh buat usaha mbak Winda ini. Luar biasa, menurut saya sih.

gambar dari sini: www.id.openrice.com

Pada akhirnya, 3,5 bintang saya berikan pada novel ini. Saya rekomendasikan untuk pencinta romance yang ingin mencari sensasi romantisme yang berbeda, untuk mencicipi hidangan mbak Winda dalam Macaroon Love ini.


Nah, sangking senangnya saya pada novel ini, saya ingin menyelenggarakan giveaway berhadiah novel ini buat kalian. Berikut cara ikutan giveaway-nya.
1.       Giveaway diadakan di blog ini.
2.       Silakan jawab pertanyaan ini, “Jika kamu bisa memasak, masakan apa yang akan kamu buatkan secara spesial buat pasanganmu? Berikan alasannya ya.”
3.       Tinggalkan identitas kamu di akhir komentar, boleh alamat email, dan lebih baik jika akun twitter yang mudah di-mention.
4.       Periode giveaway: 27 – 28 Mei 2013, dan pemenang diumumkan tanggal 29 Mei 2013.

Good luck and keep reading, tweemans.

64 comments:

  1. Spaghetti! Bukan hanya 'jika' bisa masak, tapi saya beneran bisa masak kok :D apalagi coba2 beragam macam bumbu untuk spaghetti. Bisa dibilang ini pasta terfavorit saya! Dulu saya suka bawain sekotak kecil spaghetti buat pasangan. Ya, sebulan sekali lah. Romantis sih, jadi dimakan berdua waktu istirahat. Selain suka lihat mukanya waktu ngelahap spaghetti, saya juga suka dengar pendapatnya untuk resep baru itu. Ah mungkin bakal lebih romantis kalau makannya malem2 dihiasi cahaya lilin *okemenghayalberat*

    @smilingnath

    ReplyDelete
  2. Huaaaaa aku ga bisa masak. Lebih parah lagi aku ga suka masak. Tapi aku hobi makan dan demen banget disuruh browsing gambar makanan ngahahaha. XD (siapa juga yang ga hobi makan lin?)

    Umm.. masakin buat pasangan yah? Karena aku ga bisa masak dan ga punya pasangan *nangis di jamban*, trus tiba-tiba disuruh masak begini, aku bakal buat makanan yang biasa aja deh. Mungkin nasi goreng trus pake telur+sosis+bakso yang udah dikreasiin bentuknya biar lucu (memangnya doi anak kecil dikasih makanan lucu? -,-). Kalau nasi gorengnya gosong ya biarin. Pokoknya dia harus makan, setidaknya untuk menghargai aku yang ga bisa masak tapi tiba-tiba mau masak untuk dia. *maksa*

    Tapi yah.. semoga aja aku dapet pasangan yang pinter masak, biar aku ga kalang kabut di dapur huahahaha. *ga mau repot*

    @LinndaDansen

    ReplyDelete
  3. Pengiiiiin banget bisa masak sop ayam yang enak. ^^aneh? Biarin deh..soalnya sampai sekarang emang belum bisa masak sop enak itu gimana??
    Kenapa?sop itu kan bahnnya gampang, khasiatnya juga oke..kalau misal pasangan kita kurang enak bdan atau mau flu makan sup ayam enak..mesti sembuh kekeke. Atau makan sup waktu hujan gitu juga kesannya romantis^^ *khayalan tingkat tinggi*
    @bunga_ihda

    ReplyDelete
  4. Kalau disuruh masak buat someone special, aku bakal bikin cupcake. Kenapa cupcake? Nggak tau kenapa sih, mungkin karena cara buatnya yang mudah *bagi aku*, terus bahan-bahannya juga mudah didapat, terlebih emang 'dia' suka sama cupcake. Dan karena cupcake jugalah, aku bisa kenal sama dia. Jujur aja ya, sebelumnya aku juga emang cupcakelicious gitu, Mama yang ngajarin aku buat bikin cupcake yang super duper bener, enak, dan gak gosong. Hahaha...

    Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    @asysyifaahs

    ReplyDelete
  5. Mau bikinin BBQ Steak!! Ini doang yang bisa aku bikin sendiri selain mie rebus. Ahahaha... Dan cowok sih biasanya suka makan steak. Tapi sebenernya ketimbang masakin, lebih enak masak berdua sih. Lebih romantis. Kkk...

    Twitter: @noothermartina

    ReplyDelete
  6. Kalo aku bisa masak, aku bakal buatin 1 set makanan lengkap :D
    Pembukanya chicken salad(belom pernah nyoba sih, tapi penasaran banget sama rasanya), main course nya chicken cordon bleu ( jd didalem ayam ini ya kak, ada keju sama smoked beefnya, biasanya aku makan di restoran sih hehe) dan untuk dessertnya, kayaknya aku bakal buat chocolate muffin karena itu favorit aku banget hehehe. semoga aja aku beneran jago masak nantinya :)

    Sheilla Verisha
    @iamsheilla

    ReplyDelete
  7. Jika saya bisa memasak, saya mau memasak soto daging. Karena untuk orang spesial jadi saya akan memilih masakan yang tidak terlalu mudah atau terlalu susah untuk memasaknya. Jika terlalu mudah kok sepertinya ngga begitu terasa perjuangan kita, sedangkan kalau terlalu susah takut masakannya tidak jadi alias gagal. Jadi saya memilih soto daging saja yang termasuk kategori sedang.
    Sebagai pelengkap saya akan membuat sate ayam juga :D
    Nah disajikan waktu malam hari saat panas dengan nasi atau ketupat pasti sangat nikmat. *jadi ngiler*
    Dan sebagai penutup saya akan membuat Puding Cokelat berbentuk hati, ini termasuk yang kategori masakan mudah :D

    Intan Ratnasari
    @intan_sparkyu

    ReplyDelete
  8. jika saya bisa memasak, saya akan memasak tom yam untuk pasangan saya tentu alasannya sederhana saja, karena masakan tersebut merupakan masakan kesukaan pasangan saya, saya akan mengerahkan kemampuan saya untuk mendapatkan hasil masakan yang enak, meski sederhana namun akan terkesan spesial jika masakan tersebut di masak dengan penuh rasa cinta tentu saja di berengi dengan rasanya yang lezat..

    @meutiamansur

    ReplyDelete
  9. Aku akan masak jangan slada air + ucet bening karena itu kesukaan my roomate. Selain gampang masaknya (untunglah), aku juga doyan. :D
    Omong-omong, Ijul, kamu top banget deh bawain acara gelar wicara peluncuran novel Macaroon Love ini. Jempol buat kamu.
    @dinabegum.

    ReplyDelete
  10. sedang belajar masak nih bang hehehe, jika sudah expert maunya sih masakin apa saja sesui permintaan pasangan, tapi yang paling favorit sih nasi goreng :D ingin bereksperimen dengan membuat nasi goreng yang berbeda dengan yang sudah ada. pasangan saya tidak bosan dengan menu nasi goreng ini, mulai yang bener2 nasi digoreng pake bumbu biasa sampai nyobain misal nasgor seafood. saya ingin membuat nasi goreng khas saya hehehe.

    Menik Damayanti P.
    @_menikdp

    ReplyDelete
  11. Saya bisa memasak untuk lauk sehari-hari dan kata suami sih masakan saya enak
    Cuma kalau buat roti/cake, kemampuan saya nol besar, padahal suami suka banget nyemil.

    Saya pengen bisa membuatkan roti kesukaan suami, yaitu donat
    Sudah pernah bikin tapi 'gagal' menurut saya walo tetep dimakan suami
    Kebanyakan mentega, jadi bantat gak bs ngembang wkwkwk

    Pengen nyoba lagi kok agak takut klo gagal lagi, jadi sekarang nyoba2 resep roti yg lain
    Apa trauma bikin donat ya (gak elit blas haha)

    Salam kenal :)

    @estisulistyawan

    ReplyDelete
  12. Masak desert kali ya, pudding coklat buat si dia kayanya luamayan:D hhehehe
    @s_hantie

    ReplyDelete
  13. Jika aku bisa masak. Aku mau buat mie celor untuk org yg spesial.
    @rezawini

    ReplyDelete
  14. Mau bikin international cake (RVC, Opera cake, cheesecake, dan sebangsanya). Soalnya saya dan suami suka kue-kue jajan kue-kue itu, sambil bayangin kalo bikin sendiri kayaknya ribet banget ya, plus siapa juga yang bakal ngabisin
    @sipinke

    ReplyDelete
  15. Nasi goreng. Simpel sih tapi saya yakin cinta itu berasal dari hal yang sederhana. Sebenarnya saya nggak bisa masak tapi saya ingin membuatkan sepiring nasi goreng sebagai menu sarapan pasangan.

    ifnur hikmah
    ifnur_hikmah@yahoo.com
    @iiphche

    ReplyDelete
  16. Sup. Menurut saya sup yang hangat itu bisa menghangatkan suasana dan tubuh. Mungkin cuma masakan yang simple, tapi kalo melihat pasangan suka pasti menyenangkan. Apalagi bisa makan sup bareng pasangan di saat senggang sambil membicarakan sesuatu yg menarik :)

    @eliamareta

    ReplyDelete
  17. kering jengkol, ahahahahaa
    salah satu makanan favoritku tapi dibuat pedessss banget, pedes jahanam deh. awalnya aku juga ngeri pas pertama mau nyicipin, makanan yang terkenal dengan bau 'sedap'nya ini ternyata memiliki rasa yang menakjubkan, mungkin ada trik khusus, dan yang bisa membuat makanan enak ini cuman ibuku, belum pernah ada yang masak seenak dia, hanya masakannya yang menjadi favoritku.
    Nah, berbekal rasa suka dari masakan ibu inilah kalo diminta masak sama pasanganku aku akan mencoba memasak kering jengkol, semoga dia bisa langsung jatuh cinta dengan masakanku, sama ketika aku langsung jatuh cinta sama masakan ibuku :)

    @peri_hutan

    ReplyDelete
  18. Hmm saya mau masak yang sederhana sekaligus ribet. Apaan tuh? Calamari Tower jawabannya! Ya, saya mau masak cumi-cumi goreng tepung, itu sederhananya. Kemudian ribetnya adalah saat harus menyajikannya dan menyusunnya menjadi sebuah menara di piring, pastinya akan butuh perjuangan agar tumpukan cumi-cumi tersebut tidak ambruk.

    Alasannya adalah agar si dia bisa lebih memahami kalau dalam sebuah hubungan pasti ada pasang surutnya juga. Terkadang mudah, terkadang sulit; sama seperti memasak dan menyajikan Calamari Tower. :)

    @shaLluvia

    ReplyDelete
  19. Sejujurnya, aku kalah jauh dalam urusan masak memasak bila dibandingin ama adikku yang super tomboy malah pinter masak, berhubung udah hampir tujuh tahun di rumah tanpa mama, jadilah kami bergantian masak. Kalo aku berhubung malas, terima apa adanya apapun makanan yang ada di meja, kalo adikku yang tomboy ini pas gak cocok rela masak apapun bahan yang ada di kulkas. Nah, dua adikku yang laki-laki semua, lebih doyan makan masakan adikku yang tomboy ini ketimbang masakanku, alhasil aku lebih ke urusan bersih-bersih ketimbang urusan dapur, gyahahaha... :D #MalahCurhat #Dijelasin

    “Jika kamu bisa memasak, masakan apa yang akan kamu buatkan secara spesial buat pasanganmu? Berikan alasannya ya.”

    Berhubung andalanku cuma ikan, maka buat gurame bakar pilihannya. Simple. Tambah sambel terasi plus lalapan. Tak lupa dengan nasi yang mengepul. Lebih komplit dengan sayur asem... (ˆڡˆ)

    *merapal jampi-jampi buntelan

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com
    perpussmandametro[at]yahoo[dot]com

    ReplyDelete
  20. Bebek goreng sehat.

    Suami saya suka bebek goreng, klo liat warung bebek goreng itu, ekspresinya lucu, kayak anak kecil liat mainan. Sejak tau kolesterolnya lebih dari batas normal, dia cuma buat becandaan aja, "bebek goreng, yummy", tapi ga berani makan.

    Klo misalkan saya bisa masak bebek goreng yg sehat, yaaa... bebeknya diapain dulu ato gorengnya pake ilmu apa gitu, jadi tetep sehat dan aman di makan suami. Liat matanya berbinar-binar apalagi sambil makan masakan kita sendiri, hmmm...priceless ya....

    @pompongdeh

    ReplyDelete
  21. Sundubu Jjigae (Sup Tahu Pedas - Masakan Korea).
    Alasannya karena aku suka banget sama makanan yang namanya Tahu. I'm Tahu lover! hehehe. Udah gitu aku juga lumayan jago loh masak masakan yang satu ini (Farah Habibah itu 11 12 laaah sama Farah Quinn. hahaha). Satu alasan lagi, aku juga penggemar makanan hot binti pedes. Semoga suatu saat nanti aku dapet pasangan yang juga demen ama yang pedes-pedes (AMIN YA ALLAH), jadi nanti aku bisa masakin dia ini deh! ^_^

    alamat email: farahhabibahhuda@gmail.com
    akun twitter: @farah_hh

    ReplyDelete
  22. Aneka roti yang disajikan dengan dua cangkir kopi ^^. Saya sangat suka roti dan kopi. Dan di kepala saya sering terbayang seandainya saya bisa bikin macam-macam roti (yang biasanya cuma bisa beli) dan bisa menyajikannya dengan dua cangkir cappucino, di teras rumah sembari memandangi rintik hujan, tentunya bersama 'dia' (kan cangkirnya dua hehe). Ah, sudahlah ngebayanginnya, bikin galau :p. Intinya pengen bisa bikin roti sendiri,udah gitu aja. Thx. Semoga terwujud.

    @wikupiu

    ReplyDelete
  23. masakan terbaik yang pastinya, tpi berhubung karena biasa barbeque an, jadi aku kasih aja deh paketnya barbeque di tambah aspharagus. itu karena kandungan dari paket barbeque udah komplit. ad proteinnya, vitamin, carbs, lemak. tpi juga barbeque yang paling dia suka. jdi au suguhin aja itu + air putih tentunya

    @nila_adam

    ReplyDelete
  24. Saya sih bisa memasak, hanya saja kalau masak untuk suami suka minder sendiri. Satu-satunya masakanku yang diakui enak oleh suami adalah perkedel jagung. Yang lain kalah sama masakan dia. Jadi kalau suami lg kepengen makan perkedel jagung, saya bela2in deh masakin buat dia.

    Kalau ditanya masakan spesial, pengen bisa masak sup ikan buat suami. Soalnya itu favorit dia. Tapi (lagi-lagi) sup ikan buatannya jauh lebih enak :D

    @destinugrainy
    destinugrainy@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Aku bakalan masakin makanan favorite dia, dan makanan favorite dia adalah udang asam manis, yg gak tau kenapa jadi favorite aku jugaaa :D

    Kalau lagi weekend kayak malam minggu, suka nyempetin masak udang asam manis buat dinner barengg hehehe, makanya terasa spesial banget karena masak bareng, dinner barengg :) :)

    @sasawrr or sasasawwrr@gmail.com

    ReplyDelete
  26. Rainbow Cake!!! \(*o*)/

    Alasannya:
    1. Saya suka makanan yang manis-manis (seperti saya),
    2. Warna-warna yang rame bikin cake-nya lucu & eye catching,
    3. Biar dia tahu kalo dia itu "rainbow" buat saya, bisa membuat hari-hari saya lebih berwarna.

    ReplyDelete
  27. Bang Ijul, sorry nyepam dikit, tadi kelupaan ngasih email sama akun twitter xD

    email: ariansyahabo@gmail.com

    twitter: @ariansyahABO

    ReplyDelete
  28. Hmmm masak apa ya.. Soalnya selama ini suami suka smua masakan saya (katanya sih gitu, ga tau klo dlm hatinya hihihi).. Tapi ada satu masakan wajib yang saya harus bisa, sayangnya sampai skarang blum bisa juga.. Namanya godog, makanan spesial yang slalu ada di rumah ortunya klo hari raya.. Tumis sayur2an yg dmasak sampai kering dan berwarna cokelat.. Dmakannya bareng ulen goreng yg msh anget mmmm.. Smoga bisa cepet2 kesampaian.. Soalnya pasti susah banget supaya rasanya bisa sama persis dgn buatan mertua..

    @sweetdonath

    ReplyDelete
  29. halo kak,,
    aku ikutan GA nya ya.. hehe ..

    @is_nna

    dulu waktu kuliah, saya sering bawain makanan buat pacar.. tapi dari semua yang pernah saya bawain, dia selalu ketagihan dengan puding mangga buatan saya.. yap..saya cukup percaya diri dengan kemampuan mengolah agar-agar dan semacamnya..
    pacar saya bukan penyuka makanan manis, tapi dia suka puding mangga buatan saya,, katanya rasanya mirip puding mangga buatan ibunya..
    dibilang rasa makanan saya mirip masakan ibunya cukup bikin saya terharu,,soalnya dia penggila masakan ibunya :)
    dan satu-satunya makanan yang berhasil dilabeli dengan "mirip yang dibuat ibu" adalah puding mangga!! yaaayyy... *toss sama mangga*

    ReplyDelete
  30. Pasangan saya suka masakan yangsederhana aja, Ayam geprek tapi dengan level yang gak sederhana. Dia butuh minimal 25 Cabai. Setelah trial n error berapa kali dan ditambah sebenernya tangan saya termasuk alergi cabai kalau gak pakai sarung plastik pasti akan terasa panas dan terbakar, tapi demi pasangan apa sih yang enggak ;)
    Saya percaya juga, "Cinta itu juga bisa datang lewat perut dulu baru ke hati" :)

    @Alifarras

    ReplyDelete
  31. Masak makanan yang dia suka. Mungkin ini simple, tapi kalau dia udh suka sama makanan itu, dan apalagi yang masak makanannya pasangan dia sendiri, kemungkinan dia suka bahkan tanpa memperdulikan rasanya enak apa nggak. Tapi tetep kok bakal berlatih supaya rasanya enakkk! ;D

    @tasyaelba

    ReplyDelete
  32. nggak ada masakan spesial sie, tapi biasanya di hari minggu masaknya lebih lengkap dr hari biasa, krn nggak dikejar waktu :) dan biasanya masaknya makanan fav suami spt : sayur bayam + ikan pindang + dadar jagung + penyet tempe di sambel terasi yang puedes + krupuk :) nasinya dalam keadaan mengepul hangat :D

    @noninge

    ReplyDelete
  33. Aku akan membuatkan pasanganku (jika aku punya dan aku pintar memasaknya hehe), Cheese cake dan hot chocolate. Menurutku cheese cake dan hot chocolate adalah kombinasi yang romantis, sederhana tapi manis dan membuat semua orang bisa menyukainya. Bitter, Sweet, Simple and Alive. Terima kasih :)

    @sivazchrny

    ReplyDelete
  34. karena saya pintar sekali masak, dan ada satu masakan yang sangat saya kuasai, maka pasti masakan itu yang akan saya hidangkan untuk pasangan saya (nanti).
    Masakan itu tentu saja adalah...Mie Instan!
    Bisa rebus, atau gorengpun tak masalah :D

    Yah, sejujurnya sih cuma itu yang saya bisa, maaf.

    Tapi nih ya, kalo ternyata saya beneran bisa masak, saya akan masak beef steak barbeque with potato chip, garlic onion and lemon sauce :p

    Ah...entahlah

    @GI_kirin

    ReplyDelete
  35. Jika kamu bisa memasak, masakan apa yang akan kamu buatkan secara spesial buat pasanganmu? Berikan alasannya ya.

    Aku mau masakin capcay, nasi putih dan lemonade.
    Capcay? Capcay itu kan isinya ga hanya sayuran tapi biasanya ada tambahan udang dan bakso. Nah, udang kan termasuk hidangan yang mengandung kolesterol tinggi. Biar seimbang, makanya harus di campur sama sayuran. Selain itu, capcay termasuk masakan yang udah komplit dengan lauk pauk. jadi, ga usah masak lauknya karena sudah termasuk lauknya (Udang dan Bakso).
    Nasi putih? karena udah kebiasaan orang indonesia kali ya. belum disebut makan kalau engga sama nasi putih.
    Lemonade? udah makan kan harus minum. lemon juga bagus buat pencernaan.
    :)

    twitter: @Lyulianaa

    ReplyDelete
  36. Ikutan GA, ya ^^

    Sayur asem. Sayur asem buatan mertua saya begitu membelai lidah suami, jadi bisa dibilang dia terobsesi dengan masakan yg satu ini. Beberapa kali saya mencoba membuat sayur asem versi saya, yg ada malah berujung pertengkaran karena ia memberi komentar dan saya membantah. Ujungnya, saya ngambeg, nggak mau masak dan memilih membeli sayur asem warteg yang rasanya juga enak. Sempat mau ngaku kalau itu buatanku, tp akhirnya kubeberkan aja. Daripada sayur asemku ga dimakan krn ga sesuai selera, mending beli aja, kan? Tapi... pas dia sakit dan minta dg sangat supaya aku yang masak, apa pun rasanya, aku luluh juga. Biarpun masih modal bumbu instan, plg ga kali ini sayur asemnya buatanku sendiri... Sebulan penuh dia terkapar dan terpaksa makan sayur asem buatanku, ahahaha. Tp yg plg bkn daku terharu dg masakan spesial ini adalah akhirnya dia bilang kalau dia menyukai sayur asem buatanku. Rasanya segala usahaku terbalas...

    Esvandiari
    @esvandiarisant
    esvandiari.sant@gmail.com

    ReplyDelete
  37. K Kalau aku bisa masak, aku sih mau masakin bibimbap untuk pasanganku nanti, kenapa? Karena banyak sekali pesan cinta yang ada disana. Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk diatasnya berupa daging, telur, bawang bombay, sayur hijau, dan wortel. Nah, kenapa aku sebut masakan ini penuh pesan cinta karena pertama, ada semangkuk nasi putih yg melambangkan bahwa cintaku putih suci dan tulus padanya, aku tidak akan menjanjikan cinta yg besar untuknya, tapi aku akan memberikan cinta yang besar secara bertahap, mengumpulkan cinta-cinta yg kecil dalam satu wadah hatinya. Ada daging yg berarti cintaku sangat erat seperti serat-serat pada daging untuknya. Telur, mengambarkan bahwa cintaku bulat utuh sempurna. Sayur hijau yg berarti cintaku akan selalu menyejukan hatinya, dikala ia kalap dan khilaf aku akan menenangkannya. Dalam filosofi warna, oren berarti hangat dan berkomitmen, maka wortel menunjukan bahwa aku dan dia benar-benar berkomitmen untuk sebuah cinta yg akan kita rajut bersama dengan moment-moment hangat yg akan selalu menghias setiap harinya

    @hanisutina2
    Hanisutina@gmail.com

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Kalo dia sih paling senang sama ketoprak, mas (Alhamdulillah termasuk yang gampang dibikin).

    Tantangan dalam memasak ketoprak untuk dia adalah dia doyaaaannnnn banget ketoprak with lots and lots of garlic. Kalo perlu, bawang putih 2 bonggol dimasukkin dalam ketopraknya.
    the catch? I hate garlic. Can't even stand the smell of it. Kalo terserah saya sih, rasanya gak pengen masukkin bawang putih secuil pun di ketoprak itu. Berhubung masakkinnya buat dia, ya ngalah deh. Dikasi bawang putih walo sedikit, soalnya untuk yang sedikit itu pun saya udah mesti nahan eneg waktu ngupas bawang putihnya.

    Tapi kepengen deh bikinin ketoprak yang sesuai mimpi dia : kacangnya yang banyak supaya kental ditambah bawang putih 2 bonggol dan setoples kerupuk udang untuk dicocol ke bumbu

    @asdewi

    ReplyDelete
  40. Saya yang gak suka bihun, harus masak bihun goreng buat suami yang doyan banget.
    Belajarlah saya. Yang dulunya gak bisa ya lumayan sekarang udah lumayan enak banget :D

    @dreeva

    ReplyDelete
  41. Bikinin nasi goreng komplit aja tiap pagi..ada telur, kacang goreng, bawang goreng, kerupuk, potongan tomat, mentimun, ayam suwir.. pasti dia senang ^^ (entah dia yang dimaksud siapa :p )

    @myfloya

    ReplyDelete
  42. kalau harus masakin pasangan, aku malah bingung. gak bisa masak sih. paling cuma bisa masak nasi, bikin indomi sama goreng telor ;p
    tapi yang paling special mungkin bakalan aku masakin tomagoyaki, telur gulung ala jepang. biar cuma telor goreng yang penting penampilannya cantik dan bergizi, soalnya masaknya pake sedikit minyak aja. maem bareng nasi anget-anget plus taburan abon cabe pasti yahud dah buat sarapan berdua *^^*

    **jomblo yang lagi berharap punya pacar yang bisa dimasakin.
    @asnwords

    ReplyDelete
  43. Saya termasuk orang yang 'belum' mahir dalam memasak. Masak air, masak telur, masak mie mah bisa -___-

    Kalau saya bisa masak sih, saya nggak mau muluk muluk masakin makanan kebarat-baratan atau yang wow banget. Saya mau masak nasi goreng berbumbu cinta dan rasa kasih sayang untuk pasangan saya ;) Terus nasi gorengnya dikasih varian lauk pauk yang istimewa :) Cinta Indonesia dongggg! :* Terus makannya berdua... hmmm :)) *maunya*

    @vyselvia

    ReplyDelete
  44. Kak ikutan yaa^^
    @cabbyy_

    Pengen buatin tiramisu. Dulu, Mama sering banget buatin Tiramisu, rasanya enak sekali, manis cokelat dan pahit kopi itu kerasa banget. Cinta dan kasih sayang berpadu satu dengan tiramisu buatan Mama. Sayangnya 'bakat masak' Mama gak menurun ke saya :'(
    Tapi nanti buat pasangan saya, bakal sepenuh hati buatin tiramisu. Tiramisu juga termasuk cake melambangkan romantis kalau tidak saya, satu geng bareng cupcakes, dan macaroon :D
    Hihi semoga saja nanti pasangan saya suka dengan tiramisu buatan saya :D

    ReplyDelete
  45. Aku memang bisa masak siiih...*bangga :D

    yang pasti bakalan bikin masakan kesukaannya dia banget...sayangnya lagi ga punya pasangan nniiih sekarang... Jadi aku pilig buat masakan spagheti kali yaaa....
    Karena....selain aku handal banget masak masakan itu, spagheti juga makanan favorit aku, so pasti kalo bikin penuh perasaan banget.... As we know yaahh, percuma aja kalo masak ga pake hati jadi nya kan ga bakal enak... Everything you do, do it heartily...

    Jadi kelak kalo aku punya pasaangan yang pasti aku kudu tau apa masakan favoritnya.... kalo buat GA ini sementara aku pilih spagheti yang panjang-panjang, sepanjang usia perjalanan cintaku kelak... amiiiiiinnn

    @ongakudewi

    ReplyDelete
  46. Waa masak ya.. aku ga terlalu bisa masak nih..Tapi kalau buat pasangan apa sih yang nggak, pake bumbu spesial cinta lagi..Kalau masak sendiri belum pede..Jadi minta tolong Mama ngajarin (mentorin) masaknya nih..hehehe..
    Ya itung2 Mama ngajarin anaknya biar jago masak buat pasangannya. Pingin banget menguasai masakan Sup KimLo walaupun bahannya buanyaaak bgt macamnya, Jamur kuping, bakso, bihun, daging ayam diirisin dadu, bunga sedap malam, kembang tahu.
    Pas uda jadi trus dapat pujian dari pasangan hmmmm pasti senang banggetz...Kan jadi semangat masak n nyobain resep yang lainnyaaa

    @riaaria

    ReplyDelete
  47. hmmm... pengen masakin spagetti bolognese original buatan sendiri! Maksudnya spagettinya mah beli yg mentahannya aja la yaw, bumbunya itu yang aku buat sendiri, asli racikan saya tanpa campur tangan orang lain, terutama ibu, because i love challenge! Apalagi buat pacar, harus se e pe ce i a el dan berarti
    Saya bakal berusaha sebisa mungkin bikin yang paliingg enaak, trus klo udah jadi doi bakal jadi pencicip pertama saya nggak peduli sama rasanya kayak apa, yang penting 'niat'nya aja...
    Btw, why i choose spagetti bolognese? karena spagetti bolognese itu makanan kesukaan idola-cinta-mati saya; Justin Bieber #dontjudge
    Dan... makna saya membuatkan spagetti itu adalah cowok saya sama berartinya dengan Justin, ditempatkan ditempat yang sama dihati saya, bahwa saya fanatik dengannya, saya ng'fans berat sama dia, dan saya akan mencintainya sampai mati *eeaak* Ekhem, dan juga saya menganggapnya sama gantengnya dengan Justin hahahaha! eh but im serious :p

    @meliarawr

    ReplyDelete
  48. Masakan yang spesial buat pasangan jika bisa memasak?

    Kalau masak sih aku bisa. Tapi kan kalau bisa masak jadi nggak spesial lagi. Jadi aku mau bikin chocolate cake buat doi. Karena aku nggak bisa bikin cake. Alasannya biar doi tau aku membuat makanan yang nggak aku kuasai tapi aku paksain bikin karena itu makanan yg spesial aku bikin buat dia. Jadi dia bisa lihat usaha aku dan biar tambah sayang deh sama aku :D

    Ruth Ismayati Munthe
    Email : munthe[dot]ruth[at]gmail[dot]com
    Twitter : @ruthmunthe

    ReplyDelete
  49. Aku mau bikinin masakan jepang, kayak sushi. Soalnya aku suka banget sama yang berbau jepang-jepang, coz aku penggemar manga & anime. Terus, sushi kan sehat, mengandung ikan dan rumput laut (nori), nggak junk food macem-macem kayak pizza / burger. Aku mau bikin kita berdua jadi sehat, nggak kebanyakan junk food.

    ReplyDelete
  50. Nama : Najwa Shufia Choliq
    Email : najwashufia96@gmail.com
    twitter : @najwasc

    ReplyDelete
  51. Okay, kalo aku jago masak, aku bakalan masakin masakan yang puaaliing spesial buat pasanganku. Nah, masakannya apa? Itu sih tergantung dianya nggak suka sama apa. Iya, nggak suka! Intinya, selama makanan itu tidak berbahaya bagi dia, aku bakalan buat menu masakan yang belum ada di dunia ini. karena aku jago masak (ceritanya gitu, kan? hehe) aku bakalan buat makanan yang tidak disukainya itu menjadi masakan yang paling ia suka, yang bakal diingatnya saat ia jauh dariku, dan yang bakal dirindukannya kalo dia inget aku... yeah, i will do it for him! :)

    @azzuhruf_ifa

    ReplyDelete
  52. Masakan spesial yang bakal aku masakin buat pasanganku adalah makanan yang ia suka.

    Kalau dia suka seafood, Aku bakal masakin dia udang cumi goreng tepung + sambal terasi :) ajibb banget ituu :)

    Nensi Villanesia
    Twit : @nensiichy

    ReplyDelete
  53. Buah duku sudah rusak,
    Jika dimakan perut gak beres.
    Kalau aku bisa masak,
    Akan kumasakin dia sayur ares.

    Beli paku jumlahnya hanya satu,
    Dibawa teman diantar ke Antartika.
    Karena aku gak suka sayur itu,
    Sengaja makan bareng dia biar suka.

    \o/

    Ket: Sayur ares: Merupakan masakan khas Lombok yang bersantan yang dibuat dengan bahan pokok batang pisang muda.

    @momo_DM
    mazmo_cool@yahoo.com

    ReplyDelete
  54. Kalau buat pasanganku ya brownies dong!
    Soalnya merepresentasikan diriku yang hitam manis legit (PD banget yaaa...hehehe)
    setiap potongnya pasti mengingatkan dirinya padaku,
    manisnya bukan hanya seperti wajahku tapi juga seperti kisah percintaan kami (cieeee...) ^_^

    Puji Lestari @lostlest

    ReplyDelete
  55. aku tak punya pasangan dan belum bisa memasak. Tapi jika aku ditempatkan dalam keadaan dimana aku memiliki pasangan dan bisa memasak, maka aku akan memasak apa yang disukainya. Serta membuat puding coklat dan cheese cake ditambah segelas kopi yang dibuat dengan penuh cinta. ya begitulah

    ossyfirstan@ymail.com
    @ossy_first

    ReplyDelete
  56. aku tak punya pasangan dan belum bisa memasak. Tapi jika aku ditempatkan dalam keadaan dimana aku memiliki pasangan dan bisa memasak, maka aku akan memasak apa yang disukainya. Serta membuat puding coklat dan cheese cake ditambah segelas kopi yang dibuat dengan penuh cinta. ya begitulah

    ossyfirstan@ymail.com
    @ossy_first

    ReplyDelete
  57. Aku akan membuatkan kue sus vla vanila untuknya. Kenapa? Karena kue sus itu di luarnya crispy (garing) kecoklatan, dan di dalamnya terselip vla vanila yang polos dan natural (lembut). Biarpun di luarnya garing, aku akan selalu memberikannya kelembutan. Hidangan yang pas jika dipadu dengan hot chocolate yang akan membuanya hangat.. Kelembutan dan kehangatan. Made by: Katya Blinda Putri. Twitter: @katyablinda

    ReplyDelete
  58. Macaroon! aku akan buat macaroons karena kue yang manis dan cantik ini pas banget untuk dikasih ke pasangan. Walaupun proses pembuatannya sulit karena butuh sedikit kesabaran dan kecermatan tapi kalau bikinnya dengan hati pasti jadinya bagus dan lebih sweet. I love macaroons!

    Helen @helentandra

    ReplyDelete
  59. sebenernya masak apapun untuk pasangan asal pake hati dan tulus pasti pasangan jadi suka. tapi kalo disuruh pilih menu, paling nggak saya harus tau dulu kan apa saja makanan yang nggak disukai atau mungkin pasangan ada alergi dengan makanan tertentu, jadi tidak sia-sia kalo kita sudah masak dan malah nggak bisa kemakan karena alesan tersebut.

    kembali ke topik #tsaah, saya bakal masak masakan yang bergizi, mengandung vitamin, protein,dan sebagainya..yakni menuuuuuuuuuuuuu...... Capcay, haha. alesannya tentu didalam masakan cina itu sudah lengkap kandungan gizinya, ada sayur, ada daging-dagingan (ayam, seafood, dll). so, selain masak spesial untuk pasangan dengan cinta, pasangan kita juga jadi sehat kan :)))


    @Thiarnanda

    ReplyDelete
  60. kak, aku nggak punya pasangan kaaaak *pilin-pilin baju sambil nunduk di pojokan*

    yowess, berkhayal ajalah ya. berhubung kemampuan memasak saya biasa aja. jadi seandainya nanti punya pasangan aku mau masakin dia nasi goreng. nasi goreng apa? apa ajalah, gimana nanti pas adanya bahan apa yang tersedia. kenapa nasi goreng? karena mudah membuatnya. tapi bukan berarti saya nggak mau usaha buat membuat sesuatu yang lebih 'susah'. yang aman ajalah. daripada sok bereksperimen tapi yang ada malah gagal, berabe urusannya. alasan lainnya juga karena hampir di semua tempat makan ada nasi goreng dalam daftar menu. berharapnya sih dia nggak akan memesan nasi goreng karena dia lebih suka sama nasi goreng buatan aku. atau kalau pun dia tetap memesan, tanggapannya adalah "nasi goreng kamu lebih enak, lho". gitu kak. coba rada bantu diamini gitu biar khayalan saya bisa lekas jadi kenyataan #eaaaa :)))

    Halida Hanun, @halidahanun

    ReplyDelete
  61. Halo bang Ijul... aku baru tahu ada GA ini, untung keburu.

    twitterku : @dianputuamijaya

    Aku mau masakin "Sayur Lodeng + Sambal Trasi + Ikan Asin Goreng"

    Alasannya :
    Aku ingin menyajikan keromantisan bersama kesederhanaan.

    Tapi, alasan utamanya, aku nggak bisa masak masakan ala-ala Western kayak spaghetti atau steak seperti di film-film. Kalau aku coba-coba masak itu, yang ada bukannya ngasih kesan romantis malah bikin dia sakit perut.
    Jadi, aku pilih masakan tradisional yang sangat aku kuasai biar dia nggak kecewa sama rasanya, dan walaupun itu sangat sederhana, aku yakin, dia merasakan ketulusan dan cinta yang aku tuangkan dalam masakan yang aku sajikan. Aiiihhhh!!!

    ReplyDelete
  62. Rica-rica entok, wkwkwk
    Ini masakan kesukaan keluargaku dan selalu dihidangkan saat momen kumpul-kumpul.

    @SitiMaslihah

    ReplyDelete
  63. Kayaknya telat ikutan deh.
    Postinganku ini masih keitung gak sih?
    Ah, whatever lah.

    Cah kangkung + ikan bakar.
    Karena dia (my bf) suka sekali cah kangkung, sedang saya sendiri, belum bisa bikin sayur kangkung yang enak. Terus saya hidangkan pas makan malam. Kan seru tuh, dia pulang kerja, trus tau-tau saya hidangkan makanan kesukaannya. Pasti dia makin jatuh hati sama saya *keGRan*
    Kenapa cah kangkung?
    Karena tiap kali saya bikin pasti adaaaaa aja kekurangannya ;'(
    I wish I could make it oneday.
    @dianmayy

    ReplyDelete
  64. mau masakin yang gampang ajalah, ga bisa masak soalnya..
    ayam goreng pete + sambal kosek mercon setan + nasi bakar :D
    biar kepedesan
    hahaha
    @shaa1102

    ReplyDelete