Saturday, January 7, 2012

[Book Event] Ketemu aliaZalea...


Meet & Greet with aliaZalea
Gramedia Matraman, 7 Januari 2012, pkl. 14.00 - 16.00


Menyimak timeline @Gramedia beberapa waktu lalu yang mengabarkan soal acara temu penulis aliaZalea, saya begitu tak sabar menunggu hari Sabtu, 7 Januari 2012, untuk secara live melihat salah satu novelis metropop yang karya-karyanya sedang digemari ini. Maka, ketika urusan dengan beberapa kawan dari Goodreads Indonesia hari ini selesai, saya langsung meluncur ke Gramedia Matraman untuk mengikuti acara yang digelar di lantai 1 toko buku tersebut.


Setelah ngider sebentar dan mencomot beberapa buku HR yang sedang sale, saya segera menuju tempat acara yang telah disiapkan oleh panitia, ternyata masih banyak kursi yang kosong, dan uhuyy...ternyata saya menjadi one and only guy over there, kayaknya. Namun, menjelang jam penyelenggaraan yaitu pukul 14.00, beberapa cowok ikut nimbrung di situ dan pengunjung juga sudah mulai memenuhi kursi yang ada, meskipun juga tidak full terisi. Sayang sekali, mengingat aliaZalea tidak tinggal di Indonesia, sehingga kesempatan ini termasuk kesempatan langka dan sayang jika dilewatkan.

Tepat pukul 14.00, Boim Lebon selaku moderator membuka acara dan mulai memperkenalkan aliaZalea serta rincian acara kepada pengunjung seraya berinteraksi dengan beberapa pengunjung yang terlihat membawa koleksi novel-novel Alia yang sudah dimiliki oleh mereka. Moderator kocak ini juga sempat membacakan profil singkat aliaZalea, meskipun tidak begitu istimewa mengingat yang dibacanya hanyalah sepotong profil Alia yang ada di backcover novelnya. Padahal, saya sudah menyiapkan catatan untuk menulis detail profil penulis Celebrity Wedding ini. #disappointed.

Dalam acara ini, aliaZalea menceritakan (sedikit) informasi tentang keseharian, passion, pekerjaan, tempat tinggal, hingga inspirasinya dalam mendapatkan ide-ide menulisnya. Sayang sekali, informasi yang dibeberkan kurang banyak dan moderator juga tidak memancing Alia untuk bercerita tentang kehidupan pribadinya lebih banyak lagi. Bagi saya, sisi pribadi penulis adalah sesuatu yang menarik untuk lebih menghayati karya-karya tulisnya, sehingga saya akan memiliki pondasi tambahan ketika menjatuhkan penilaian/judgement pada karya-karya mereka.

aliaZalea lahir di Jakarta, berbintang Taurus, dan seorang yang memercayai fengshui, itulah yang menyebabkan ia memilih nama aliaZalea sebagai nama pena-nya. Oiya, aliaZalea itu nama aslinya lho. Yah, kalau dalam penulisan biasa akan ditulis Alia Zalea, dan dengan beberapa pertimbangan ia menyetujui nama aliaZalea sebagai nama pena-nya dengan menekankan bahwa namanya itu harus ditulis dengan huruf “Z” besar di tengah-tengahnya. Saat ini tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia. Berprofesi sebagai dosen mata kuliah psikologi di Sunway University. Mengapa Malaysia? Alia menyebutkan bahwa ia meng-apply untuk mengajar ke Singapura, Malaysia, Indonesia, dan yang paling cepat memberikan tanggapan adalah Sunway University Malaysia sehingga ia memantapkan diri untuk mengajar (sebagai dosen) di Malaysia. Sayang sekali, saya terlupa menanyakan perihal keluarga dan apakah Alia berpindah kewarganegaraan. Mungkin nanti bisa kita poke di facebook-nya yaaa....:)

Penulis yang mengidolakan sang ayah sebagai role model dalam dunia kepenulisan ini juga menyebutkan bahwa ia mendapatkan ide untuk tulisannya bisa dari mana saja. Berinteraksi dengan orang di sekitarnya, menonton film/serial televisi, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Alia menargetkan untuk setidaknya menerbitkan satu buah novel setiap tahunnya. Penyuka serial Vampire Diaries ini tersenyum kecil dan menyatakan masih agak kurang sreg untuk menulis novel dengan tokoh seorang dosen (sebagaimana kehidupan pribadinya) ketika moderator menanyakan hal tersebut padanya. Ia menyebutkan itu nantinya akan telalu apa adanya.

Jika Anda lebih jeli menelisik, hampir seluruh novelnya happy ending, lho? Dan, ternyata memang Alia lebih menyukai mengakhiri kisah yang ditulisnya dengan kebahagiaan karena ia juga tidak menyukai akhir yang menyedihkan. Alia tidak mau membuat pembaca bukunya ikut depresi jika bukunya berakhir dengan kesedihan.

Dan, berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban dari sesi interaksi dengan pengunjung:

#1. Sinta (Bekasi): Apakah semua novel yang ditulis berhubungan? Alia: yup, hampir seluruh novel yang telah ditulisnya berhubungan, terutama tokoh perempuannya. Termasuk buku kelima yang sedang dikerjakan saat ini.

#2. Sela (Bekasi): Apakah aliaZalea juga sebenarnya menyukai New Kids on The Block (NKOTB) ataukah itu hanya untuk keperluan penguatan karakter di novel? Alia: awalnya tidak begitu notice dengan band itu, namun beberapa tahun lalu Alia mendengarkan lagu-lagu comeback NKOTB dan berikutnya ia ketagihan untuk mendengarkan lagu-lagu mereka yang lain (yang lebih dulu dirilis).

#3. Aman Setiadi: Siapakah tokoh idola dalam dunia kepenulisan? Alia: Bapaknya sendiri adalah role model dalam dunia kepenulisan aliaZalea. Bapaknya adalah seorang penulis tentang akuntansi yang sangat produktif. Alia selalu amazed melihat bagaimana si Bapak begitu bersemangat dalam menulis.

#4. Agnes: Bagaimana cara membagi waktu antara bekerja dan menulis? Alia: untuk saat ini, Alia selalu menyempatkan diri untuk menulis paling tidak 3 jam sehari, tentu saja sepulang dari tugas mengajar. Jika beruntung (dalam keadaan baik) Alia menyebut bahwa dia bisa menulis sebanyak 5 halaman, namun jika tidak beruntung (dalam keadaan kurang baik) maka tak ada yang sanggup ditulisnya.

#5. Ijul: Setelah membaca MissPesimiss saya menyimpulkan Anda suka membuat adegan-adegan yang agak menjurus vulgar, apakah itu ada kaitannya dengan pengalaman Alia tinggal di luar negeri? Alia: tidak juga. Alia menyebut bahwa dewasa ini, hal-hal sebagaimana yang ia gambarkan di novel-novelnya sudah lazim terjadi. Baginya itu bukan vulgar, ia lebih suka menyebutnya seksi. Dan, Alia, selain romantis, adalah penyuka hal-hal yang seksi.

Begitulah beberapa interaksi antara aliaZalea dan pengunjung yang datang ke acara. Sebelum akhir acara, diumumkan beberapa pemenang dari dua kuis yang digelar di facebook dan twitter. Berikut adalah daftar pemenang (sesuai dengan yang disebut). Maaf jika salah menulis.
Pemenang kuis facebook (hadiah paket buku Gramedia @Rp300.000):
1. Sela Ferisa (Jakarta)
2. Achi Asrianti (Bogor)
3. Surya Retnaningrum (Lampung)
Pemenang kuis twitter (hadiah dinner bareng aliaZalea malam ini, 7 Januari 2012)
1. Rosalia Oktariani
2. Saidah Arifah
3. Primasari
Selamat kepada seluruh pemenang.

Bocoran buku kelima:
Karakter yang akan menjadi tokoh utama adalah Dara dan Johan. Nah, berhubung saya baru baca dua novel awal Alia, saya belum ngeh nih sama Dara dan Johan, hehehe. Dijelaskan sih, Johan ini adalah sang drummer di grup musik yang ada di Celebrity Wedding. Garis besarnya: Johan punya seorang adik, berumur 15 tahun, artis, manja, yang sedang memerlukan seorang asisten artis dan Dara-lah yang akhirnya dipilih menjadi sang asisten. Setting: Jakarta. Hmm, kalau boleh nebak kayaknya cerita akan berputar soal cinta Dara-Johan. Is it true? Tunggu saja bukunya terbit yaa...maybe tahun 2012 ini.

Oiya, Alia juga bilang, saat ini novel Crash into You sedang ditawarkan ke salah satu production house untuk bisa difilmkan, namun belum ada konfirmasi sampai saat ini. Semoga secepatnya dapat konfirmasinya. Amiin!

Di pengujung acara, Alia berpesan kepada siapa pun untuk jangan pernah berhenti membaca buku (SETUJU donk!!!) dan usahakan untuk tidak hanya membaca dari satu genre saja agar dapat memperkaya diri dan bagi yang berkeinginan menjadi penulis jangan ragu untuk mengirimkan naskah ke penerbit. Modal nekat saja dulu.

Okayyy...itu dia laporan pandangan mata dari acara meet and greet aliaZalea, penulis yang telah menerbitkan beberapa novel metropop, antara lain: Miss Pesimiss, Blind Date, Crash into You, dan Celebrity Wedding. Tetap produktif menulis, sista!

Dan, sampai ketemu di acara temu penulis yang lain, kawan! Selamat membaca!






Dikarenakan koneksi internet yang sedang melambat, beberapa jepretan lain akan diupload kemuadian...:)

9 comments:

  1. wahhh. asik banget bisa ikutan meet & greet. itulah keuntungan tinggal di Jakarta. duhh. jadi iriiii. huwaaa. btw, wajah mbak aliaZalea ngga begitu jelas, selalu menunduk. pengen liat yg jelasnya. >.<

    ReplyDelete
  2. @Jessica...iya, kebetulan sempat njepretnya pas si mbak lagi book signing jadinya nunduk terus, Jessica bisa lihat foto beliau di akun fesbuk mbak Alia aja yaa....hehehe...:)

    Iya, nih, tp kadang-kadang ada juga kok roadshow penulis ke daerah-daerah, semoga suatu ketika Jessica bisa ketemu penulis favoritnya yaa...

    ReplyDelete
  3. wah enak ya bisa dateng.. mau datang ga bisa walau di jakarta abis ada acara T.T

    ReplyDelete
  4. @Yuni.... wahhh, sayang ya, soalnya Alia kan nggak tinggal di sini...jadi jarang2 bisa temu penulisnya, smoga setelah ini bisa sering2 ngadain acara di sini... #ameen

    ReplyDelete
  5. @kak ijul : hahaha. iaaaa. udah liat. moga ketemu tar d malaysia, langsung minta ttd-nya. hihii.

    hooo. aminnn. ketemu ilana tan itu susah banget. wkwk.

    ReplyDelete
  6. ADA YANG TAU G TRUE TWITTERNYA K'aliaZalea???
    Bagi dong!

    ReplyDelete
  7. novel kelimanya cpet terbit donk mbak :)
    jgan brhenti nulis ya. . .

    ReplyDelete
  8. novel kelimanya cpet terbit donk mbak :)
    jgan brhenti nulis ya. . .

    ReplyDelete
  9. how lucky you are :) jadi ga sabar nunggu karya kelima mbak aliaZalea

    ReplyDelete