Wednesday, December 25, 2013

Bersiap Menyambut 2014 yang SEKSI....:)


Salah satu kabar menyenangkan yang saya dengar di pengujung tahun 2013, dan untuk menyambut tahun 2014, adalah rencana peluncuran beberapa lini baru dan projek-projek seru dari Gagas Media. Well, fokus saya tetap Novel Metropop (dan Amore), namun hati saya pun siap untuk terbagi pada novel-novel romance lain yang bakal hadir.



Salah duanya adalah novel yang akan terbit dari lini Relationship Romance (RR) dan BOSS yang dicetuskan oleh Gagas Media, yang direncanakan sudah bisa mewarnai dunia perbukuan tanah air di tahun 2014 mendatang. Apakah itu RR dan BOSS? Saya beruntung bisa mengikuti workshop tentang kedua lini baru tersebut (plus lini baru yang disebut Indonesiana) bareng Christian Simamora dan Jia Effendie pada gelaran Kumpul Penulis dan Pembaca 2013 yang diselenggarakan bersama oleh Gagas Media, Bukune, dan Panda Media, pada hari Minggu, 22 Desember 2013 kemarin.

Apa sebenarnya RR dan BOSS ini? Untuk info lengkapnya silakan kunjungi dua tautan dari facebook resmi Gagas Media berikut ini ya:
1. Relationship Romance
2. BOSS

Untuk gambaran singkat, berikut saya kutip beberapa penjelasannya.
Relationship Romance
  1. Relationship Romance ini memotret naik-turun kehidupan pasangan. Bisa jadi merupakan pasangan yang sedang berpacaran, sudah bertunangan, atau sudah menikah. Subgenre ini akan fokus pada pasangan dan bagaimana mereka menyelesaikan masalah mereka.
  2. Target pembaca: 20-35 tahun, perempuan. 
  3. Ambience ceritanya bisa berupa drama maupun romantic comedy.
  4. Meskipun nggak berusaha membatasi tema novel, redaksi nggak menyarankan tema perselingkuhan. Sudah terlalu sering ah dibahas di novel seperti ini. Kami mengharapkan penulis bisa menghadirkan tema-tema yang lebih beragam dan segar selain itu.  


BOSS
BOSS adalah lini dengan tema besar relationship dengan laki-laki dominan dan kaya. BOSS merupakan pengembangan dari lini mainstream romance.
  1. Ciptakan karakter alpha male sesuai dengn kriteria yang sudah dijelaskan oleh Redaksi (silakan kunjungi tautan yang saya berikan di awal).
  2. Target pembaca: 20-35 tahun, perempuan.
  3. Tema cerita boleh apa saja. Mulai dari office romance (menjalin hubungan dengan bos di  kantor), perjodohan, kisah cinta berlatar luar negeri, etc. Sesuai imajinasi kamu saja.
  4. BOSS masuk dalam kategori sexy romance yang *uhuk-uhuk* jadi mohon sesuaikan dengan kondisi lokal (Indonesia) yaa...

Beberapa hasil foto materi workshop saya unggah di facebook Pembaca Novel Metropop.

Jadi, buat kamu yang punya minat dan ketertarikan untuk menulis novel romance yang sesuai dengan lini atau subgenre ini, segera selesaikan naskahmu, dan kirimkan ke Gagas Media.

0 comments:

Post a Comment