Wednesday, December 25, 2013

Berburu buku sampai ke Timbuktu...


Nggak, ding, saya bercanda. Nggak sampailah ke Timbuktu. Lagi pula saya pun tak tahu di mana itu Timbuktu, hehehe (untung ada Google dan Wikipedia: Timbuktu). Ini hanya perumpamaan saya yang belakangan ini makin keranjingan berburu buku-buku murah ke seantero tempat obralan yang ada. Apa pasal? ...tentu saja karena poster ini:


Sebenarnya tinggal di Jakarta selama beberapa tahun ini sudah membuat saya memahami bahwa banyak event obralan di sana-sini jadi semestinya saya pun sudah bisa menebak jenis buku apa saja yang sering diobral. Namun, entahlah, dasarnya saya yang memang suka-belanja-malas-baca ini atau bagaimana, saya selalu tertantang untuk mendatangi satu per satu tempat obralan yang sedang menyelenggarakan event. Meskipun, tak jarang pula saya dirundung kecewa lantaran buku-buku yang diobral tak sesuai dengan harapan saya. Tapi, saya pun dari awal sudah mengantisipasinya, dengan menganggapnya sebagai risiko yang mesti saya tanggung. Hmm, tak perlu berlama-lama kecewa.

Tapiiii... senangnya adalah sebagian besar dari perjalanan saya berkunjung ke tempat-tempat obralan itu, saya menemukan buku-buku yang membuat saya speechless, tak mampu mengucapkan sepatah kata pun selain hanya ternganga takjub. Bisa karena, "OHMYGOD, itu kan buku baru rilis minggu lalu, dan sekarang ada di diskonan? ASTAGAH!" atau "Yaampun buku itu tebalnya nggak kira-kira, dan harga aslinya saja di atas 100rebu, ini cuman dijual 25rebu? WAOW!" Kalau sudah begitu saya seolah trance, hilang kesadaran ---bukan pingsan, dan perlahan merapal puji syukur karena akhirnya mampu membeli buku yang kalau di toko buku biasa mungkin akan sekadar saya elus saja dan lewati dan memilih membeli buku lain.

Ngomong-ngomong soal obralan, saya memang tak mematok hanya mendatangi satu event saja. Apa pun yang namanya obralan, pasti saya usahakan untuk mendatanginya ---atau sekadar melihatnya (termasuk kategori online). Inilah beberapa jenis event obralan yang pernah saya kunjungi:
1.  Book Fair (Kompas Gramedia Book Fair, Islamic Book Fair, Jakarta Book Fair, Indonesia Book Fair).
2.  Pesta Buku Murah Penerbit (Gramedia, DIVAPress, Mizan, Andi, dll).
3.  Diskon online (grazera.com, inibuku.com, bukabuku.com, bukunya-scb.blogspot.com, dll).
4.  Tongkrongan rutin (Bursa Buku Murah Blok M Square, Terminal Senen, Lt. 3A Plaza Semanggi, Gramedia Matraman, Gudang Buku Plaza Festival, dll).
5.  Clearance Sale (Periplus, Kinokuniya, Books & Beyond, dll).
6.  Charity (Drive Books Not Cars, dll).
7.  dan banyak lagi event obralan yang lain.

Nah, yang saat ini sering saya sambangi adalah event Gramedia Big Sale (poster di atas) itu. Meski belum seluruhnya tapi sudah hampir 50-60% tempat-tempat itu pernah saya kunjungi. Sayangnya, saya lupa, lokasi mana yang kali pertama saya kunjungi, ya? Apa Carrefour Harapan Indah di Bekasi itu? Hmm, yang jelas teman-teman di Blogger Buku Indonesia turut bertanggung jawab membuat saya sebegini terobsesinya mendatangi tempat-tempat tersebut. Hihihi...

Oke, dari daftar di atas, tempat yang belum saya kunjungi:
1. Carrefour: Tangerang City, Taman Palem, Puri Kembangan, Karawaci, Ciputat, MoI, Taman Mini, Ciledug, Blu Mall, Cikarang, Karawang.
2. Lotte Mart: Taman Surya, Bekasi Square, Fatmawati, Kelapa Gading.
3. Ramayana: Kramat Jati, Depok, Karawang, Cikarang, PTC Pulo Gadung.

Yah, untuk tempat-tempat semacam Cikarang dan Karawang sepertinya tak akan saya kunjungi. Ada keinginan untuk menyambangi Ciputat, tapi lalu saya mikir, mikir, dan mikir lagi, sehingga akhirnya saya bisa mematikan keinginan itu. Ciputat jauhhhhhh, men....

Sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya, tak melulu saya happy mendatangi tempat-tempat itu. Ada juga tempat yang bikin keki dan nyesel datangnya karena ternyata salah lokasi atau buku-buku yang diobral 'basi' atau harganya ternyta tak masuk kategori 'obral'. Well, itu juga karena saya tak memperhatikan masa promonya sih, main hajar datang ke lokasi.

Kegilaan saya mendatangi tempat-tempat itu sebagian adalah untuk memuaskan hasrat pribadi, namun sebagian lagi saya ingin membantu teman-teman yang mungkin tak sempat datang atau tak mungkin datang karena jauh lokasinya yang sebenarnya mau juga beli buku-buku dengan harga segitu. Niatan itu saya wujudkan dengan membuat blog http://hanyanovel.wordpress.com dan akun twitter @fiksimurah untuk menjual ulang buku-buku yang saya beli di obralan kepada teman yang berminat (dengan tambahan harga).

Berikut adalah buku-buku yang membuat saya surprise ketika menemukannya.

masing-masing harganya cuman 10rebu lhooo...


Dan, ini sebagian lagi buku yang saya 'temukan' di obralan.


Baiklah, buat teman-teman yang masih ingin berburu buku di Gramedia Big Sale, disegerakan ya, karena di beberapa tempat mas-mbak penjaganya mengatakan bahwa event ini hanya sampai dengan akhir Desember 2013. Happy shopping!

5 comments:

  1. Mas, gue aja yg sering pergi ke ciputat saja, malasnya bukan main. Padahal lumayan deket kok dari carrefour Lebak Bulus.

    ReplyDelete
  2. Mas, di Cinere (akhirnya) ada juga obralan Gramedia. Kemaren dapet Good Omens-nya Neil Gaiman yang udah jadi buku langka cuma Rp. 10.000 masih diplastikin! Terus ada juga Skenario Remang-Remang-nya Jesicca Huwae dan Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa-nya Maggie Tiojakin cuma Rp. 10.000. Emang sih ex-display tapi masih bagus dan itu kan new release yaa. Gile yaa... Gimana nggak ngiler. Hehehe. Ini udah 2 hari berturut-turut nongkrong di Gramedia Cinere Mal melulu, bawaannya pengen ngubek-ngubek terus!

    ReplyDelete
  3. Aku di tangerang.... kalo aku suka ke Tangerang City ada 2 tempat obral bukunya... di lantai 2 gerai obral kebanyakan buku2 lama... terus di dalam Carrefour ya.. ada counter isinya kebanyakan buku2 broken/ bekas display (cocok yang buat cari buku gak terlalu lama)..... selain itu ditangerang ada di Gunung Agung juga (tapi lebih mahal serebu perak :)
    untuk cari e-book silahkan kunjungi Aneka CD

    ReplyDelete
  4. Astagaaaa...... Itu buku2 inceran yang aku beli pake harga normal...
    *tangisan.darah

    Itu Gramed mana yaaa? kok di Bintaro Plaza jarang deh diskon GILA gitu... hikz3.

    (tapi emang aku akhir2 ini seringnya nongkrongin obralan online sih, hehe, hikz)

    ReplyDelete
  5. Update: kemarein aku ke Kopas gramedia fair di JCC senayan... buku ada obral sampe 3rb perak... acara sampe tanggal 6 april 2013...
    Dari daftar yang diatas yang aku udah masukin...
    Carrefour : Central park (+), Season city (-), Emporium pluit (+), Tangerang city (+), Taman palem (-), Puri kembangan (+), Karawaci (+), MOI (++), Ciledug (-)
    Lotte Mart : Taman surya (+), Kelapa gading (+)
    Giant : BSD (+)

    Selain itu ada Gramedia Ekspress yang jual buku murah
    yang aku tahu suka pindah2 ini dan tempatnya tersembunyi
    sekarang ada >> Tangerang city lt 1, Plaza Semanggi lt 3b
    ada yang punya info lain???

    ReplyDelete