Saturday, October 26, 2013

[DICARI] Tweeman #BacaBarengMinjul Novel TOKYO karya Sefryana Khairil


Berdasarkan rencana awal dari Gagas Media, maka Tokyo karya Sefryana Khairil ini seharusnya menjadi novel terakhir dari projek novel Setiap Tempat Punya Cerita (STPC), sebelum diumumkan dalam event Jak Book Fiesta 2013 beberapa waktu lalu bahwa akan ada projek #STPC season 2. Personally, saya berharap setting tempatnya dialihkan ke Indonesia saja. Well, ternyata agak boring juga ya baca novel ber-setting luar negeri terus-menerus dengan tokoh Indonesia yang untuk beberapa kisah malah cenderung kurang berasa lokasinya, dan terasa seperti menonton program TV "Celebrity on Vacation" yang tak menceritakan dengan detail tempat-tempat yang dikunjungi. Mungkin, harapan saya, jika setting di Indonesia, para penulisnya bisa lebih menghayati tempat tersebut sehingga tertuang dengan sepenuh hati.

Setelah menjadi #BukuYangDitunggu beberapa waktu lalu, akhirnya Tokyo bisa terbeli juga. Saatnya untuk menikmati perjalanan ke ibukota negara Matahari Terbit ini. Saya sudah merencanakan jauh-jauh hari, bahwa novel ini akan masuk ke rangkaian kegiatan #BacaBarengMinjul di twitter. Nah, untuk tweeman yang akan menemani saya membaca bareng, saya sudah memilih satu orang teman yaitu Rizky Mirgawati @RizkyMirgawati. Tapi, tahu donk, teman untuk #BacaBarengMinjul itu selalu dua orang tiap edisinya, oleh karenanya saya butuh satu orang lagi untuk menemani saya membaca. Kamu mau?


#BacaBarengMinjul 2 ini adalah tipe 1, di mana tweeman yang ikutan akan dikirimkan satu eksemplar novel yang bersangkutan lalu dibaca bareng sesuai periode yang ditentukan. Nah, untuk #BacaBarengMinjul edisi Tokyo ini akan diselenggarakan selama periode: 4 s.d. 9 November 2013. Untuk menentukan satu teman lagi yang akan mendapat kiriman novel ini dan membaca bareng saya dan Rizky, kamu bisa ikutan kuis dengan persyaratan seperti di bawah ini:

1. Kamu wajib punya akun twitter karena #BacaBarengMinjul utamanya diselenggarakan di twitter.
2. Kamu berkomitmen bahwa dalam periode #BacaBarengMinjul kamu wajib men-tweet apa pun seputar novel ini dan penulisnya minimal 5 kali tweet setiap harinya sampai periode baca bareng berakhir, dengan format: Isi Tweet(spasi)#TOKYO-Falling tanpa perlu mention saya dan tidak perlu menyertakan tagar #BacaBarengMinjul.
3. Kamu berkomitmen bahwa kamu sanggup menyelesaikan-baca novel ini pada hari terakhir periode baca bareng dan memberikan reviu atas novel ini yang boleh di-posting di twitter, facebook, blog, atau akun goodreaads.
4. Isi tweet dan reviu kamu adalah terkait novel ini dan penulisnya, tapi tidak membahas pribadi penulisnya. Contoh: "Haishh, penulis ini nggak bisa ngebedain mana majas metafora sama hiperbola. Pliss deh!" <---ini dilarang.
5. Jawab pertanyaan berikut: Sebutkan dua tempat di KOTA Tokyo (bukan NEGARA Jepang) yang pengin banget kamu kunjungi dan berikan alasannya.
6. Jawab langsung di kotak komentar di bawah ini dengan menyertakan akun twitter resmi milik kamu sendiri, paling lambat tanggal 29 Oktober 2013 pukul 20.00 WIB.
7. Tweeman yang tepilih akan saya hubungi langsung melalui mention dan DM ke akun twitter resmi kamu, jadi kamu juga wajib follow @fiksimetropop.

Baik, itu dia persyaratannya. Banyak, ya? Hehehe, semoga tidak ribet. Dibanyakin agar semua clear, tapi jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan langsung post di kotak komentar di bawah yaaa...

Yang berminat dan berkomitmen ikutan #BacaBarengMinjul ditungguuu.....:)

19 comments:

  1. allo mas ijul,
    aku mau coba ikutan nih hehe ^^

    kalau saya boleh memilih mengunjungi tempat yang paling ingin dikunjungi, saya akan memilih ueno park dan universal studio, karena salah satu hal yang membuat saya jatuh hati dengan jepang adalah bunga sakura.
    saya ingin merasakan hujan sakura, sakura yang jatuh berguguran menyentuh saya dengan lembut
    dan saya ingin masuk wahana di universal studio di jepang, wahana pooh hunt terutama. mungkin saya akan bebas berteriak karena extited menaiki seluruh wahana tanpa takut dianggap aneh mengingat saya bukan anak kecil lagi. hahaha

    oh iya akun twitter aku @TamieTami

    makasih sebelumnya. hontou arigatou~ :D

    ReplyDelete
  2. Halo,
    Perkenalkan aku elsa dengan akun twitter @elsamonicap .

    2 tempat yang pengin banget aku kunjungi di Tokyo (duh, kenapa dua yah, kan wisata dan tempat kece tokyo segudang) :

    1. Chidorigafuchi
    Tempat ini konsepnya sama seperti di ueno, perbedaannya terletak pada sungai kecil buatan salah satu alternatif u/ menikmati bunga sakura dan atau pemandangan sekitar. Ingin banget dateng kesini pas mereka lagi mekar dengan sempurna. Pasti rasanya meledak banget, melihat pohon nasionalnya lagi nunjukin performance terbaiknya, belum lagi kita bisa berkeliling dengan perahu. Kan unyu gitu kalau sama pacar, keluarga, teman, bahkan sendirian. Lumayan juga puas hati dan mata ditambah oleh-oleh photo cantik.

    2. Pasar Ikan Tsukiji
    Pasa ikan terbesar didunia ini bikin ngiler. Maklum doyan makan. Tapi selidik punya selidik kalau mau ikutin lelangnya harus reservasi. Agak ribet sih cuman tujuan kesini bukan karena kebanyakan duit ikutan lelang, tapi pengin nyobain kedai-kedai yang ada di pasar ini, duileeeh, banjir saliva nih, fresh dari nelayan, pasti dari indra pengecap hingga usus teriak seneng deh. Tempat ini kalahin tujuan aku ke menara tokyo padahal itu icon utama dan kalahin niat ngeborong video game, anime di akihabara. Pokoknya, perut aku nomor satu :D.

    Okay, selesai jawaban dan alasanku.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi admin ijul :)

    Kalau disuruh memilih 2 tempat d Tokyo yg ingin sekali dikunjungi adalah :

    Pertama, Tokyo Tower karena penasaran dengan bentuknya yang unik

    Kedua, Tokyo Imperial Palaca alasannya ingin melihat keluarga kekaisaran Tokyo lebih dekat dan merasakan sejuknya taman hijau disekitar istana.

    Itu aja, cukup :D

    ReplyDelete
  4. Lupa X_X akun twitter aq @johanesgurning
    Maaf min!

    ReplyDelete
  5. hallo~ aku Eli dan ini akun twitter ku @Elly_ND :D
    2 tempat yang pengen banget aku kunjungi di Tokyo, yang pertama Ueno Park, menikmati bunga sakura yang lagi mekar sambil piknik, yang kedua Shibuya alasannya karena pengen liat patung Hachiko sambil foto-foto disana :D
    itu aja, terimakasih :)

    ReplyDelete
  6. Tempat yang pertama: aku sangat ingin mengunjungi Akihabara. Selain tempat ini yang akan tersulap begitu cantik saat malam hari, di sini juga banya dijual berbagai macam elektronik. Dan ini juga dunianya para anime lovers loh xD

    yang kedua: aku sangat sangat ingin pergi ke stasiun Shibuya. Di mana di sana ada tempat bernama Hachiko (di mana terdapat patung anjing Hachiko berdiri). Patung itu memang khusus dibangun untuk mengenang Hachiko, sang anjing yang begitu setia menunggu majikannya di stasiun Shibuya. Bahkan sampai di waktu terakhirnya. Aku pernah menonton filmnya, maka dari itu aku sangat penasaran dan ingin melihat patung Hachiko secara langsung di sana.

    That's my destiny place in Tokyo. Dan, ini akun twitterku ya, Bang Ijul; @hidyanuralfi

    Terima kasih:D

    ReplyDelete
  7. Halo Mas, mau ikutan ya :)
    Perkenalkan, saya Dyah (@dyahmuawiiyah)

    Tempat pertama yang mau saya kunjungi adalah Museum Lilin di Menara Tokyo. Saya sudah sering mendengar dari pecinta Jepang bahwa Menara Tokyo itu keren, ditambah lagi ada Museum Lilinnya. Jadi kita bisa ngeliat Tokyo dari puncak menara + foto-foto sama "bintang film Hollywood" :D

    Tempat kedua adalah Pasar Tsukiji. Saya sering lihat di film atau di komik kalo di Jepang itu kita bisa makan dari piring yang berjalan. Saya pengen nyobain kaya gitu haha. Dan katanya Pasar Tsukiji ini adalah penggagas "makanan berjalan" ini.

    Sekian mas, terimakasih :)

    ReplyDelete
  8. Halo mas ijul :D
    aku ikutan yaah (twitter: @DeltaYordani)

    dua tempat yang mau banget aku kunjungi di Tokyo yaitu

    1. Kyutai Temboshitsu
    Mau banget kesini :3 karena, ruang memandangnya, berbentuk bola, terkesan unik^^ * Sudah itu, lokasinya di Stasiun Fuji Terebi, jadinya kita juga bisa berpose di dalam televisi bersama penyiar Fuji Terebi >,< *aah senangnya :D*

    2. Harajuku
    Lokasi ini jangan dilewatkan, apalagi aku doyan nonton anime, kostum animenya kan unik-unik, jadinya di Harajuku ini sering jadi tempat nongkrongnya para cosplayer :D Pokoknya, hasrat sebagai pecinta cosplay, bakal terpuaskan kalo udah ngunjungi harajuku :D

    ReplyDelete
  9. Dear Ijul...
    Kenalin aku @Milliyya

    Dua tempat yang pengen dikunjungin di Tokyo?

    Satu: Shibuya
    Konon, Shibuya adalah salah satu kota tersibuk di dunia. Sebagai anak yang doyan tidur, siapa tahu Shibuya, bisa jadi ispirasi untuk mengubah kebiasaan pemalasnya saya. Iyakan. Siapa tahu aja :)

    Eh, bisa sekalian narsis di patung Hachiko, juga kan. Terus hening bentar, siapa tahu kesetian Hachiko, bisa menular. Kan saya jadi salah seorang pasangan setia pilihan dong. Siapa tahu aja sik :)

    Kedua: Shinjuku
    Sebagai pelancong yang doyan perjalanan dengan kereta api, wah betapa istimewanya kalau bisa sampai stasiun Shinjuku. Ini berasa kayak di film-film dong, deru kereta ekspress yang gerbongnya bersih. Dan pemandangan kota dari balik jendela, melesat-lesat cepat.

    Itu dulu.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Hai, Bang Ijul. Akun twitterku @alifianufi
    Sebenarnya ada banyak tempat yang ingin aku kunjungi di Tokyo hhe..tapi kalau disuruh milih dua, aku milih distrik Bunkyō dan Akihabara. Alasannya untuk masing-masing tempat, yaitu:

    -Bunkyō, salah satu distrik istimewa di Tokyo yang kedudukannya sama dengan kota. Universitas Tokyo dan Tokyo Dome ada di sini. Pengin gitu liat Todai (Tokyo Daigaku, Universitas Tokyo), universitas paling bergengsi di Jepang secara langsung. Soalnya selama ini aku sering buat cerita dengan setting Todai hanya dengan mengandalkan informasi dari internet.

    -Akihabara, surganya para otaku. Pengin gitu liat cosplay tokoh-tokoh anime favoritku di tempatnya langsung. Selain itu pengin juga nongkrong di maid cafe, makan omuraisu sambil dilayani cewek-cewek imut dengan kostum lucu. Di sini juga surga belanja elektronik dan gadget. Apalagi pemandangan malam harinya keren banget, penuh dengan gemerlap lampu gitu.

    Jadi tambah pengin ke Jepang deh. Nabung yuk nabung hhee..

    ReplyDelete
  11. Min jul, daftar dong biar bisa baca bareng minjul.
    2 tempat yang pengen banget di kunjungi :
    1. Nakano Broadway, sama seperti Akihabara tempat ini merupakan surga bagi otaku. Tapi bedanya di sini juga dijual manga-manga bekas serta doujinshi. konon katanya festifal doujinshi tahunan yang sering jadi bacu loncatan para mangaka terkenal juga dilaksanakan di sini.
    2. Asakusa. Di distrik ini banyak bangunan kuno. Ada puluhan toko merchandise yang berumur ratusan tahun. Juga ada festival tahunan yang diisi oleh para yakuza (asli). Pengen deh ke sini.
    Yai, wish me luck! :)
    @harovansi
    http://bugot.wordpress.com

    ReplyDelete
  12. Hai bang minjul, ikutan yak :D
    Aku kika, username twitter @kikakikutz

    2 tempat yg pengen aku kunjungin di Tokyo:
    1. Persimpangan terkenal di Shibuya, yg ada satu waktu dimana semua traffic lightnya warna merah, jd semua orang dari semua penjuru bisa nyebrang.
    Alasannya, karena pengen ngerasain nyebrang jalan rame-rame sama orang. Secara, di Indonesia susah nemuin orang yg nyebrang jalan di zebra cross dan nungguin traffic light nya warna merah :(

    2. Stasiun Kereta Shibuya, yg ada patung Hachiko-nya.
    Alasannya, karena pengen liat patung Hachiko, secara pas nonton film itu aku nangis :" Trus mau foto sama patung nya juga :'D

    Makasih bang minjuul *hug* :D

    ReplyDelete
  13. twitter : @Litaa_FAN

    1. Stasiun Kereta Shibuya. Mau liat patung Hachiko yg mengharukan itu ..
    2. Pasar ikan Tsukiji. mau liat apa aja ikan yg dijual , dan katanya ada piring yg bs berjalan yaa ?? peansaran

    ReplyDelete
  14. Halo Mas Ijul. Saya @ranniisme.
    Kalau ke Tokyo, saya mau ke Tokyo Tower dab lihat patung Hachiko di St. Shibuya. Kalau bisa pergi ke negara-negara yg memiliki tower (seperti Namsan Tower, Eiffel, dan Tokyo Tower), saya mau naik ke atas towernya dan menikmati keindahan kota tersebut dari atas. Cara cepat wisata 'keliling kota' hehehe
    Saya juga mau lihat patung Hachiko secara langsung dan membandingkan 'suasana' antara yg saya lihat di film dan kenyataannya.

    ReplyDelete
  15. Mas Ijul, mau coba ikut. Twitter accountku @nagisa_p

    Di Tokyo, ada dua tempat yang pengen banget aku datangin.

    Satu, Rikugien Garden, yang dianggap salah satu taman di Jepang yang paling indah. Hebatnya, letaknya ada di central Tokyo. Jadi bisa kebayang indahnya taman itu, dengan gaya tradisionalnya, di tengah landscape kota Tokyo yang begitu modern? Belum lagi liat jembatan Togetsukyo Bridge, yang indah banget. Pengennya kalau bisa di musim gugur biar lebih nendang sensasi jalan-jalannya.

    Satu lagi, letaknya di Mitaka alias tepian Tokyo, yakni Ghibli Museum. Kalau aku pribadi, pecinta Ghibli. Siapa yang nggak jatuh cinta ama imutnya Totoro, kerennya Spirited Away yang menang Oscar itu dan filosofisnya Laputa? Nggak perlu kata-kata kalau buatku. Aku mau banget ke sana kalau kuat nabung ke Tokyo.

    Memperkuat keinginan baca Tokyo.

    ReplyDelete
  16. Twitter Account : @EpRin

    Sebenarnya kalau saya bisa menjejakkan kaki di Tokyo, tidak hanya dua tempat yang ingin saya datangi. Tapi, berhubung hanya disuruh menyebutkan dua tempat, tentu saya memilih tempat yang paling ingin saya datangi.

    Tempat pertama adalah Tokyo Dome. Siapa yang tidak kenal tempat olahraga terbesar dan terkenal bernama Tokyo Dome ini. Terletak di Bunkyo Ward, Tokyo. Sekilas, tidak ada yang menarik dari tempat ini, tapi, karena saya seorang Kpopers, tentu tempat ini menjadi salah satu 'sejarah' untuk kami. Karena, Tokyo Dome ini sering sekali menjadi salah satu venue konser untuk para penikmat Kpop. Jadi, saya ingin sekali setidaknya berfoto atau kalau bisa sih sekalian menonton konser disini. ^^

    Tempat kedua adalah Rainbow Bridge yang terletak di Minato, Tokyo. Saya adalah salah satu penikmat keindahan alam, jadi tempat ini tentunya menjadi 'sasaran' saya untuk memuaskan keinginan saya tersebut. ^^

    ReplyDelete
  17. Perkenalkan, saya Nui (@nuitakko)
    Dua tempat di tokyo yang ingin aku kunjungi:
    1. Chidorigafuji, Ketika melihat tempat ini pertama kali di foto, tempat ini begitu indah. Dengan sungainya. Pohon sakuranya. Perahunya. Segalanya tampak menarik, juga menenangkan.
    2. Tokyo Tower
    Tempat mana lagi yang tak kalah romantisnya selain menara eifel? Kalau menurutku Tokyo Tower. Menara tinggi dengan warna-warni lampunya. Fantastis.

    ReplyDelete
  18. Hallo mas Ijul, ini akun twitter-ku @auliaaRatri

    dua tempat di Tokyo yang ingin aku kunjungi :
    1. Tokyo Tower. Rasanya pasti ada yang kurang jika datang ke Tokyo kalo nggak mampir dan ambil foto di Tokyo Tower, menara yang menjadi maskot kota Tokyo dan ga kalah romantis dari menara Eiffel [menurut aku =D]

    2. Kuil Sensoji yang berada di Asakusa, kawasan kota tua Tokyo. Aku pengen menelusuri keindahan kota Tokyo tempo dulu dengan kuil-kuilnya yang indah, juga foto-foto di depan pagoda Gojunoto

    ReplyDelete
  19. Setuju banget kalo settingnya dialihkan ke Indonesia. Kita jadi banyak tahu mengenai negara lain, tapi sayangnya masih kurang tahu mengenai sisi lain atau tempat-tempat di Indonesia yang belum tersorot. Semoga bisa terealisikan :)

    ReplyDelete