Thursday, December 27, 2012

Book Kaleidoscope 2012: Top 5 Book Girlfriends


Well, secara beberapa teman blogger buku perempuan saya mengungkapkan kekaguman pada para tokoh laki-laki dalam buku yang mereka baca setahun ini dan menahbiskannya sebagai ‘cowok-impian’, nah saya ikutan boleh ya. Engg, tapi saya tak bakal memilih Top 5 Book Boyfriend donk, saya pilih 5 ‘cewek-idaman’ Top 5 Book Girlfriend dari buku-buku yang saya baca tahun ini.

Ohiya, meme unik ini dicetuskan dan di-host oleh mbak Fanda. It’s such a cute meme, mbak, really! Jika ingin bergabung, sila klik di sini.




5. Abby Donovan dalam Goodnight Tweetheart by Teresa Medeiros.



Saya benar-benar suka pada novel ini. Romantis, kocak, dan mengharukan, berbaur menjadi satu. Perbincangan online Abby dan Mark begitu nyata. Pun, saya berharap bisa mendapatkan perempuan setegar Abby yang akhirnya tetap ikhlas pada kenyataan yang ada, dengan tetap mencintai Mark.

Membaca novel ini saya seolah menonton film romantic comedy favorit yang dibintangi Meg Ryan, Sandra Bullock, atau Julia Roberts. Tapi, saya mendedikasikan peran Abby pada Meg.



4. Aria Montgomery dalam Pretty Little Liars by Sara Shepard



Tak perlu saya berpanjang-panjang mengapa saya suka pada karakter ini. Pretty Little Liars sendiri sudah menjadi serial televisi favorit saya. Untuk bukunya, saya memang baru membaca buku pertamanya saja dan sedang akan menuntaskan buku keduanya. Aria tetap menjadi favorit saya. Salahkan Lucy Hale yang super-duper-cantik itu, jadinya saya tak punya alasan khusus mengapa suka selain karena saya memang menyukai Lucy...eh Aria.



3. Marcella dalam Nada Cinta Marcella by Ken Terate


Saya sudah menyukai serial teenlit karya Ken ini. Well, secara khusus ini memang tidak disebutkan berseri, tapi dari buku pertamanya, My Friends My Dreams, cerita terus berlanjut. Ketiga tokoh, Marcella, Joy, dan Wening, selalu menjadi favorit saya karena ketiganya punya ciri khas masing-masing. Awalnya saya suka Wening karena lebih mirip dengan saya. Anak kampung, fokus pada akademik, dan nggak neko-neko. Tapi, belakangan saya menyukai Marcella, cewek kota yang bersedia membaur dan bahkan berpayah-payah mencari dana sponsor demi kegiatan di sekolahnya.

Engg...dengan deskripsi detail soal bagaimana feminin dan metropolisnya Marcella, saya rasa Titi Kamal waktu masih SMP/SMA bisa deh masuk hitungan.


2. Prudence Beresford a.k.a. Tuppence dalam Why They Didn’t Ask Evans? by Agatha Christie


Wow. Tahun 2012 ini juga menjadi tahun pencerahan bagi saya. Untuk pertama kalinya saya kesampaian membaca karya Agatha Christie. Ya ampunn, ke mana saja saya selama ini, ya? Terima kasih untuk Mbak Anas dari Gramedia yang sudah mengajak saya menjadi proof-reader beberapa novel Agatha Christie yang dicetak ulang. Dan, dari beberapa yang saya proof read, akhirnya saya berkenalan dengan Tuppence yang super-woman sekaleeee... Saya sampai kagum dibuatnya. Agatha Christie benar-benar berhasil menghidupkan karakter ini. Kuat, mandiri, cerdas, agak tomboi, dan banyak akal. Komplit deh! Tapi, tetap membumi dan manusiawi, sehingga benar-benar real.

Dalam bayangan saya, Julia Stiles dapat berperan sebagai Tuppence.


1. Alexandra Rhea dalam Twivortiare by Ika Natassa


Well, sulit untuk tidak menyukai Alexandra yang genius, jujur, penuh cinta, dan kuat, meskipun terkadang kelewat cerewet ini. Kesabarannya dalam menghadapi Beno yang cuek, makin membuatnya mudah dicintai. Deskripsi Ika Natassa juga begitu detail dalam setiap novel-novelnya sehingga sebagai pembaca saya menjadi mudah terhanyut dalam racikannya.

Sebagaimana pernah diperbincangkan di twitter bareng sesama penggemar novel-novel karya Ika Natassa, saya pun setuju memilih Marsha Timothy untuk berperan sebagai Alexandra.


Jadi, siapa tokoh perempuan/laki-laki yang menjadi favoritmu tahun ini? Sharing juga yukkk....

3 comments:

  1. Hore, akhirnya ada juga nih buat cowok-cowok :). aku nggak suka seri My Friends My Dreamsnya Ken Terate tapi aku suka banget sama sinetronnya, ketuaan kalau Titi Kamal. Ak g suka Marsya, aktinya biasa aja, pengennya Dian Sastro aja :))

    ReplyDelete
  2. Nah ini penyegaran nih Jul! dari tadi liat pria-pria semua sekarang liat mbak-mbak cantik. Itu yang di PLL cantik banget!

    Ah, akhirnya saya tahu Ijul jadi proofreader di buku apa. Selamat yaaa!!

    ReplyDelete
  3. Hello, i think that i saω you visited my blog thus і camе to “retuгn
    the favoг”.I'm trying to find things to improve my website!I suppose its ok to use some of your ideas!!

    Here is my website garden center magazine
    My web site :: lowes garden center

    ReplyDelete