Friday, December 26, 2014

Menantang diri sendiri untuk membaca lebih banyak buku di tahun 2015


Tahun 2013-2014 menjadi tahun terburuk saya dalam catatan perjalanan seorang pembaca buku. Saya gagal mencatat kemajuan demi kemajuan yang saya alami dalam proses membaca buku. Selain gagal memenuhi target baca yang saya pasang di goodreads.com, saya pun gagal memenuhi ambisi untuk menulis resensi atas buku yang sudah saya baca minimal 5 (lima) resensi per bulan. Amburadul benar.

Nah, di tahun 2015 nanti saya ingin memperbaiki catatan perjalanan proses membaca saya itu. Enggak mesti langsung bagus juga, sih. Paling tidak meningkat di jumlah buku yang dibaca saja cukup, kok. Syukur-syukur meningkat pula semangat unuk menulis resensi buku yang selesai saya baca. Tahun 2015 juga sepertinya saya pengin tekun membaca-membaca-dan-membaca saja. Beberapa hal yang sudah saya lakukan di dua tahun terakhir kemarin mungkin tidak akan saya lakukan lagi. Misal aktif di komunitas tertentu (cukup jadi pemeran figuran yang numpang lewat), tak lagi menerima (atau mencari) order mengedit, atau kegiatan lainnya. Saya benar-benar ingin kembali menikmati saat-saat "hanya" membaca buku.

Sejalan dengan itu saya ingin mencatat detail proses membaca, salah satunya dengan bantuan atau dorongan mengikuti beberapa tantangan membaca (reading challenge) dari rekan-rekan blogger buku di mana pun. Enggak hanya blogger dalam negeri, tapi juga blogger dari luar negeri. Ini beberapa reading challenge yang sedianya akan saya ikuti di tahun 2015 mendatang.


Beberapa tantangan membaca ini saya nyontek dari punyanya Louis Johnson di youmeandacupofteablog.blogspot.com.

1. 2015 Women' Challenge
RC ini di-host oleh blog Peek a Book, untuk info lengkapnya silakan klik peekabook.it. Intinya sih kita diminta membaca buku-buku yang ditulis oleh perempuan. Halah, kalau novel-novel romance banyakan ditulis perempuan, ya, hehehe. Saya pilih ikutan Level 3 - SUPER GIRL dulu deh, yaitu mesti baca 16-20 buku. Ini kira-kira yang kepikiran sekarang:
1) Happily Ever Afer by Winna Efendi
2) Cinta Sehangat Pagi by Indah Hanaco
3) Oppa & I #1 by Orizuka dan Lia Indra
4) Oppa & I #2 by Orizuka dan Lia Indra
5) Oppa & I #3 by Orizuka dan Lia Indra
6) Two Lost Souls by Pia Devina
7) A Week Long Journey by Altami A
8) Heart Quay by Putu Felisia
9) Montase by Windry Ramadhina
10) Kuncup Berseri by Nh. Dini
11) Paquita dan Pangeran Bianglala by Citra Rizcha Maya
12) Bared to You by Sylvia Day
13) Slammed by Colleen Hoover
14) Pulang by Leila S. Chudori
15) Amba by Laksmi Pamuntjak
16) The Outsiders by Michelle Paver
17) Angel Creek by Linda Howard
18) Cewek Matre (baca ulang) by Alberthiene Endah
19) Tea For Two by Clara Ng
20) What Happened to Goodbye by Sarah Deseen

2.  Let Me Count the Ways Reading Challenge
RC ini di-host oleh Avanti Ciera, untuk info lengkapnya silakan klik avanticiera.com. RC ini mengajak kita untuk menghitung jumlah halaman dari semua buku yang kita baca dalam setahun. Lucu juga ya RC ini. Saya enggak pernah ngitungin berapa lembar halaman buku yang saya baca per tahunnya. Dengan asumsi optimis bisa membaca 100 buku dengan jumlah halaman minimal 200 lembar per buku, maka kurang lebih saya bisa membaca 20.000 halaman setahun. Tapi, saya enggak mau muluk-muluk, deh. Saya pilih Level Diamond 8.001 - 10.000 halaman saja.

3. Authors A-Z Challenge
RC ini di-host oleh Samantha, untuk info lengkapnya silakan klik samantha-lin.com. RC ini mengajak kita untuk membaca buku sesuai inisial nama penulisnya secara alfabet. Tahun 2015 urutan didasarkan nama belakang. Wohooo.... ini daftarnya, nanti akan di-update, ya.
A: Ardianti, Nina - Glam Girls (baca ulang, lupa cerita)
B: Brown, Sandra - Rainwater
C: Clare, Cassandra - City of Bones
D: Dahlian - Casablanca
E: Efendi, Winna - Tomodachi
F: Freya, Clio - Traces of Love
G: Galbraith, Robert - The Cuckoo's Calling
H: Hanaco, Indah - Run to You
I: Intanya, Tessa - Reputation (baca ulang, lupa cerita)
J: James, Julie - Something About You
K: Kerrigan, Kate - The Miracle of Grace
L:Levithan, David - Every Day
M: McGarry, Katie - Dare You To
N: Natassa, Ika - Twivortiare 2
O:Oktavia, Widyawati - Kucing Melulu dan Cerita Cinta (Me)lulu
P: Puspitadewi, Windhy - Confeito
Q: Quinn, Julia - The Duke and I
R: Ramadhina, Windry - Montase
S: Simamora, Christian - As Seen On TV
T: Tohari, Ahmad - Bekisar Merah
U: Umres, Nora - Hidup Love is Blind
V:Verne, Jules - Arund the World in Eighty Days
W: Wilson, Jacqueline - The Worry Website
X: ?
Y: Yance, Rick - The 5 Wave
Z: Zusak, Markus - The Book Thief

Yang pengin nyari inspirasi penulis berdasar inisial namanya, sila cek di wikipedia.

4. Full House Reading Challenge
RC ini di-host oleh Book Date, untuk info lengkapnya silakan klik bookdate.blogspot.nz. RC ini mengajak kita membaca buku untuk sesuai dengan tema yang terdapat pada tabel berikut:

Nanti di-update buku-bukunya, ya.

5. What's In A Name
RC ini di-host oleh The Worm Hole, untuk info lengkapnya sila klik: wormhole.carnelianvalley.com. RC ini mengajak kita untuk membaca buku yang di dalamnya mengandung unsur-unsur tertentu. Untuk edisi tahun 2015 adalah sebagai berikut:
1) A word including "ing" in it: Stealing Parker by Miranda Kenneally, Looking for Alibrandi by Melina Marcheta, Looking for Alaska by John Green
2) A colour: The White Tiger by Aravind Adiga (baca ulang)
3) A familial relation: Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya
4) A body of water: On the Island by Tracey Garvis Gaves
5) A city: Last Minute in Manhattan by Yoana Dianika (lanjut baca)
6) An animal: Bekisar Merah by Ahmad Tohari

6. 2015 Paulo Coelho Reading Challenge
RC ini di-host oleh Yuska Vonita, untuk info lengkapnya sila klik: lustandcoffee.wordpress.com. RC ini mengajak kita untuk paling tidak membaca satu buku karya Paulo Coelho selama tahun 2015. Hmm, bolehlah. Saya sudah punya beberapa buku Paulo hasil bongkar-bongkar di obralan. Ada alasan untuk segera membacanya, nih.

7. Monthly Key Words
RC ini di-host oleh Bookmark to Blog, untuk info lengkapnya sila klik: bookmark2blog.blogdpot.com. RC ini mengajak kita untuk seseruan baca buku sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan per bulannya. Ini dia daftar kata kuncinya:


JAN- Bird, Girl, Ever, Silence, Bad, Truth, End    
FEB- Key, Water, Lie, Chase, And, Once      
MAR- Kind, Face, Power, City, Blue, Night, To
APR- Dream, Prince, Long, Wind, Rose, The, Rock
MAY- Ash, Road, Thief, Bend, In, Far
JUN- My, Together, Whisper, Win, Soul, Sleep
JUL- Sun, Unto, Energy, Fate, High, Look
AUG- Fall, Boy, Glass, Heart, Lost, Now
SEP- Color, Touch, Life, Day, How, Sweet
OCT- Ghost, Home, Beach, Away, Test, Number
NOV- Rise, Holiday, And, Little, Call, Dark
DEC- Space, Mirror, Over, Flower, Trap, Cold


8. (sedang disusun) "Aku Cinta Kamu" Reading Challenge, hosted by me. Pada dasarnya ini tantangan membaca biasa, tapi hanya dikhususkan untuk buku-buku berlogo/label resmi METROPOP, AMORE, dan TEENLIT terbitan Gramedia. Detail reading challenge-nya menyusul yaaa...

Selamat bersenang-senang di tahun 2015 ya, tweemans....

7 comments:

  1. Saya enggak sabar ikutan "Aku Cinta Kamu" Reading Challenge karena saya sangat suka Metropop

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih RC-nya. Pengen ikutan beberapa RC tapi aku belum jadi anggota BBI.

    ReplyDelete
  3. Hai, Yanet...RC ini enggak disyaratin untuk gabung ke BBI dulu, kok. Bebas tanpa syarat keanggotaan, hehehe...memang untuk beberapa RC mensyaratkan agar blog didaftarkan dulu ke host-nya, tapi enggak semua, kok.

    ReplyDelete
  4. Semoga sebelum tanggal 1 sudah bisa di-post, yaaa...:)

    ReplyDelete
  5. Thank you ya mas informasinya.. :)

    Mari mampir ke blog akuyanet.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. buset, banyak banget challengenya, tahun ini aku mau fokus baca dan ngreview aja, kapok ikut berbagai challenge akhirnya malah amburadul :)

    ReplyDelete
  7. Yang nomor 2 itu bisa lihat di goodreads juga, soal berapa jumlah halaman yang kita baca dalam satu tahun. abis ngecek juga soalnya yang 2014, hehhehe.

    ReplyDelete